Implementasi Enterprise Resource Planning pada UKM di India : Masalah dan Tantangan


Implementasi Enterprise Resource Planning pada UKM di India : Masalah dan Tantangan
P. T. Kale, S. S. Banwait and S. C. Laroiya

Untuk meningkatkan produktivitas dan keseluruhan performa bisnis, ERP (Enterprise Resource Planning) adalah salah satu solusi bagi Usaha Kecil dan Menengah untuk menghadapi tantangan global. Melalui sistem ERP yang berkembang dari sistem MRP II (Manufacturing Resource Planning) memiliki banyak keuntungan juga kerugian. Perusahaan India, khususnya usaha kecil dan menengah tidak dapat menentukan implementasi yang sesuai terhadap sistem ini. Berdasarkan studi kasus implementasi ERP pada usaha kecil dan menengah di India, serta wawancara mendalam dengan vendor ERP, penelitian ini menampilkan isu dan tantangan yang dihadapi usaha kecil dan menengah di India.



Sistem ERP menempatkan cara disiplin kerja dan memberikan visibilitas yang lebih baik untuk kerja dari organisasi. Di India, UKM adalah tulang punggung ekonomi dan hari ini dihadapkan dengan persaingan global. Oleh karena itu menjadi penting bagi mereka untuk mencari cara menanggapi pasar yang dinamis.  Sistem ERP telah menjadi strategi IT yang paling umum untuk sebagian besar perusahaan besar. UKM juga bergerak terhadap sistem ERP. Mereka perlu mengadopsi pendekatan proaktif terhadap ERP dan menganggapnya sebagai sebuah bisnis solusi bukan bahwa solusi IT belaka. Meskipun pasar ERP berkembang dan vendor ERP telah mengalihkan fokus mereka ke segmen UKM, ada beberapa masalah yang harus diselesaikan. Pertama, UKM perlu dibuat 'ERP sadar'. Vendor perlu mikro verticalise solusi ERP untuk lebih memenuhi kebutuhan UKM. Karena sumber daya keuangan UKM terbatas, biaya sistem ERP perlu jauh berkurang. UKM pada bagian mereka perlu hati-hati mengevaluasi sistem TI mereka saat ini dan mendokumentasikan kekurangannya saat membuat daftar keinginan apa yang mereka ingin dicapai.
Sementara itu, beberapa masalah yang harus dipertimbangkan tentu ada banyak lagi penulis yang berharap untuk menemukan dalam penelitian lebih lanjut. Model konseptual implementasi ERP di UKM ditunjukkan pada Gambar di bawah adalah prosedur untuk mengadopsi oleh mereka untuk keberhasilan pelaksanaan. 



Sumber :

Comments

Popular posts from this blog

Survei Manajemen Hubungan Pelanggan

Introduction

Strategi Manajemen Pengetahuan dalam Pendidikan yang Lebih Tinggi : Kasus di Yunani