Tantangan Manajemen Persediaan untuk Pengecer E-Commerce B2C


Tantangan Manajemen Persediaan untuk Pengecer E-Commerce B2C
Harish Patil, Brig. Rajiv Divekar



Penelitian ini dilakukan pada perusahaan e-commerce B2C atau pengecer online untuk mempelajari tantangan yang ada di dalamnya, seperti variasi permintaan, logistik balik, fluktuasi musiman, dan kebijakan tanpa stok dalam manajemen persediaan dan risiko seperti kehilangan penjualan, kehilangan konsumen, kepuasan pelanggan yang rendah dan hal-hal serupa. Dalam penelitian ini juga mempelajari berbagai strategi untuk mengurangi risiko mengenai manajemen persediaan pada pengecer online.

Penelitian ini membuktikan bahwa pengecer online siap dengan banyak masalah mengenai manajemen persedian seperti fluktuasi permintaan, logistik terbalik, kehabisan barang, mengelola SKU, menjaga persediaan, pembeli multi-channel, hambatan dan titik lemah, efek bullwhip dan kesulitan stok. Untuk mengurangi risiko ini, pengecer online mengadopsi beberapa strategi seperti strategi dropship, klasifikasi persediaan, strategi campuran, persediaan sebelum pembelian, dan kebijakan sedikit persediaan yang melakukan pembelian setelah pesanan konsumen. Penelitian ini juga membuktikan bahwa manajemen persediaan yang baik memainkan peran penting dalam meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan yang akan membantu perusahaan e-commerce dalam jangka waktu yang panjang.

Beberapa rekomendasi untuk manajemen persediaan yang baik bagi pengecer online adalah:

·       Terorganisir: Ini tentang mengetahui apa yang kita miliki dan di mana menemukannya. Salah satu konsep dasar manajemen persediaan adalah terorganisir.

·    Jangan kehabisan stok: Jika ada sesuatu yang ditampilkan di situs web dan ditampilkan seperti dalam stok maka pengecer online harus memastikan bahwa item tertentu tersedia. Ini adalah kekecewaan besar bagi pelanggan saat mereka melihat dari pengumuman barang persediaan habis.


·       Pilih sistem atau strategi tertentu seperti yang dibahas di atas untuk mengelola persediaan


Sumber : 

Comments

Popular posts from this blog

Survei Manajemen Hubungan Pelanggan

Introduction

Strategi Manajemen Pengetahuan dalam Pendidikan yang Lebih Tinggi : Kasus di Yunani